DO’A PAGI DAN SORE

DOA RUTIN DI PAGI DAN SORE

Bila Nabi SAW, menginjak di waktu sore beliau membaca (i) dan di waktu pagi, beliau membaca (ii) :

HR. muslim-4-2088

Di waktu sore :

(i) “Kami telah memasuki sore, kerajaan milik Allah, segala puji bagi Allah, Tiada Tuhan kecuali Allah Yang Maha Esa, tiada sekutu bagi-Nya. Baginya kerajaan dan bagi-Nya pujian. Dialah yang Maha Kuasa atas segala sesuatu. Wahai Tuhan, aku mohon kepada-Mu kebaikan di malam ini dan kebaikan sesudahnya. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan malam ini dan kejahatan sesudahnya. Wahai Tuhan, aku berlindung kepada-Mu dari kemalasan dan kejelekan di hari tua. Wahai Tuhan, aku berlindung kepada-Mu dari siksa di neraka dan di kubur”

Di waktu pagi :

(ii) “Kami telah masuk di waktu pagi dan kerajaan hanyalah milik Allah …” (HR. Muslim 4/2088).

Adapun doa yang dibaca Nabi SAW, menginjak di waktu pagi beliau membaca (i) dan di waktu sore, beliau membaca (ii) :

 

HR. tirmidzi-5-466

Di waktu pagi :

(i) “Ya Allah, dengan rahmat dan pertolongan-Mu kami memasuki waktu pagi, dan dengan rahmat dan pertolongan-Mu kami memasuki sore hari. Dengan rahmat dan pertolongan-Mu kami mati. Dan kepada-Mu kebangkitan”.

Di waktu sore

(ii) “Ya Allah, dengan rahmat dan pertolongan-Mu kami memasuki waktu sore, dan dengan rahmat dan pertolongan-Mu kami memasuki pagi hari. Dengan rahmat dan pertolongan-Mu kami hidup. Dan dengan kehendak-Mu kami mati. Dan kepada-Mu lah tempat kembali”. (HR. Tirmidzi 5/466)

لَا يُكَلِّفُ اللَّهُ نَفْسًا إِلَّا وُسْعَهَا ۚ لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا اكْتَسَبَتْ ۗ رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَا إِن نَّسِينَا أَوْ أَخْطَأْنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُ عَلَى الَّذِينَ مِن قَبْلِنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهِ ۖ وَاعْفُ عَنَّا وَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا ۚ أَنتَ مَوْلَانَا فَانصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ (286


Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya. (Mereka berdoa): “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri maaflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir”.


// //

Leave a comment